RSS Feed

Knowledge Management di PT Unilever

0

Monday, October 17, 2011 by


Knowledge management adalah suatu proses terstruktur dan sistematis dalam mengakuisisi, mendistribusikan, dan memanfaatkan pengetahuan untuk mendukung bisnis perusahaan sehingga akan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Unilever sebagai perusahaan consumer goods yang memperkerjakan 250 Ribu pekerja di 100 negara pasti membutuhkan pengetahuan sebagai key differentiator dan untuk pengambilan keputusan terutama yang masih dalam bentuk tacit knowledge (implisit) dalam pikiran karyawan. Budaya sharing knowledge yang ada di Unilever adalah sebagai berikut:
1. Learning Award, bagi karyawan yang berkontribusi dalam sharing knowledge.
2. Retrospect, berupa program penulisan tacit yang jika baik akan dipubikasikan di situs departemen terkait.
3. SOLAR (Share of Learning and Discussion), yaitu ada pimpinan dari luar yang datang sebagai narasumber.
4. Good Idea, merupakan fasilitas karyawan untuk menyampaikan ide sederhana yang memiliki dampak besar bagi organisasi.


Leave a Reply

Powered by Blogger.