RSS Feed

Enterprise Resource Planning

0

Saturday, September 24, 2011 by

ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun di perusahaan bersangkutan. ERP mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan semua proses yang ada dalam area fungsional perusahaan, antar departemen, maupun antar lokasi yang berbeda. Dengan integrasi sistem ini data yang tadinya didapat dari sistem yang berbeda-beda akan diintegrasikan menjadi sistem tunggal dengan format yang standar.

Pada tahun 2005 PT PLN Persero (http://www.pln.co.id/) me-rollout aplikasi ERP yang diterapkan di tiga proses bisnis, yaitu: Keuangan (Financial Management), Sumber Daya Manusia (Human Resource) dan Pergudangan (Material Management). Penerapan ERP ini akan mengintegrasikan seluruh kantor PLN baik pusat maupun daerah secara on-line, dan seluruh kantor PLN tersebut akan terstandarisasi.

Sumber:
Yongkie. Penerapan ERP di PLN. Available at http://tsavo4.blogspot.com/2008/09/penerapan-erp-di-pln.html (Diakses 23 September 2011)


Leave a Reply

Powered by Blogger.