RSS Feed

PPIC Games 2011

0

Tuesday, January 31, 2012 by

Ya, seperti yang saya sebut pada posting awal di blog ini bahwa mata kuliah yang “ditunggu-tunggu” dari angkatan Teknik Industri 2009 adalah PPIC GAME (Production Planning and Inventory Control). Mata kuliah ini memang banyak sekali tugas besar maupun semacam proyek (Ekskursi). PPIC Game ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk mensimulasikan atau secara sederhana mempraktekkan alur proses produksi sebuah perusahaan dari pembelian bahan material hingga dijual ke konsumen.


PPIC Game ini diikuti oleh semua Tigers 2009 kecuali Igoy yang sedang Exchange di Jepang. Ada 7 kelompok @ 10-11 anggota yaitu Magnum Rangers (My Team), Cumilaude, Ban10, Eleven Icons, Gem80s, The A Team, dan Apel Racun. Posisi dari anggota di PPIC Game ini ada PPIC Manager, Purchasing, GBB (Gudang Bahan Baku), GBJ (Gudang Bahan Jadi), Workstation 1-3, Sales, dan Supplier. Adapun produk yang digunakan dalam PPIC Game adalah Tamiya dengan 3 warna berbeda untuk diversifikasi produk. Memang ini bukan sembarang bermain Tamiya karena ada ilmu dan aturan yang menurut saya sangat ribet sekali dalam aplikasinya.




Sebelum melakukan PPIC Game tentunya setiap team harus berlatih untuk mencapai performa yang bagus dalam Game. Manajemen waktu yang baik, manajemen strategi, maupun kerjasama yang apik dalam setiap kelompok sangat diperlukan. Dari breakdown Tmiya, membuat konte, latihan yelyel, simulasi, coaching, membuat kostum, dll merupakan hal wajib yang mesti dilakukan kelompok tiap minggunya. Bayangkan saja dalam waktu 1,5 bulan!!! Apalagi terkadang ada saja anggota kelompok yang sulit diatur.




Ini adalah salah satu yelyel Magnum Rangers: *Price Tag Rhythm


TB PPICnya
Dinda Icha di GBB
Dina purchasing, Zidni GBJ
Ada Athur di bagian salesnya
Kartika Cuy supplier
Mike jadi WS 1
Rian WS 2
Mesa WS 3
Ada Aisyah jadi coachnya
Everybody look to the left
Everybody look to the right
Can you feel that yeah!
We’re playing for PPIC!


Leave a Reply

Powered by Blogger.