RSS Feed

Yin&Yang: The Harmony of Life

0

Tuesday, February 26, 2013 by

Tau kan tentang Yin dan Yang? Ituloh, filosofi dari China tentang keseimbangan kehidupan. Mungkin kita baru tau aplikasi Yin dan Yang buat Fengshui tata letak rumah ya. Nah, sebenernya makna filosofi ini dalem banget loh bahkan menurut saya menakjubkan banget tentang how we life our life. Bahkan dalam Al-Quran ada beberapa ayat yang menafsirkan prinsip ini.

Taiji, yaitu lambang tradisional dari kekuatan Yin dan Yang digunakan untuk mendeskripsikan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan bertentangan di dnia ini dan how they build each others. Konsep ini didasarkan pada filosofi pengetahuan klasik di China sebagai pedoman pengobatan sampai bela diri. Yin adalah sisi hitam dengan titik putih pada bagian atasnya dan Yang adalah sisi putih dengan titik hitam diatasnya. Hubungan antara Yin dan Yang digambarkan sebagai sinar matahari yang berada di atas gunung dan di lembah. Yin digambarkan sebagai tempat yang teduh merupakan daerah gelap sebagai bayangan dari gunung, sedangkan Yang sebagai tempat yang cerah adalah bagian yang tidak terhalang oleh gunung.

Yin dan Yang merupakan kekuatan yang berlawanan, namun mereka selalu mencari keseimbangan. Ya memang rumit kalau kita lihat sejarah dan pengertian tentang Yin dan Yang diatas, namun saya mempunyai pemahaman atau tafsiran sendiri yang saya coba ambil dan mengerti. Sebenarnya saya sangat kagum dengan filosofi ini bermula dari ayat Al-Quran surat Al-Baqarah: ayat 216:
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, namun ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui segala sesuatu sedangkan kamu tidak.”

Ayat ini menjadi pedoman dasar dasar saya dalam menjalani hidup ini, membuat saya mensyukuri atas apa yang saya punya sekarang dan apa yang terjadi pada saya sekarang ini karena scenario hidup kita adalah hal yang menjadi anugerah terindah dari Tuhan jika kita bersyukur, berdoa, dan berusaha.


Lalu, bagaimana saya menafsirkan makna Yin dan Yang dalam hidup? Kita lihat salah satu sisi dulu yaitu Ying yang digambarkan sebagai sisi hitam dengan bola putih di dalamnya. Saya mengartikan Yin sebagai sesuatu yang buruk (sisi hitam) yang mempunyai suatu kebaikan sendiri di dalamnya (bola putih). Misalnya rokok ya, dalam posting sebelumnya kan saya sudah membahas rokok dari sisi agama dan katanya haram. Saya pribadi juga gak suka dengan rokok dan ingin  membasminya dari muka bumi ini. Namun kalau dilihat dari sisi ekonomi, ternyata di Indonesia rokok sudah menghidupi ribuan karyawan yang pekerjannya sangat bergantung dari hal yang berkaitan dengan rokok. Nah itu dia, something bad has the good side. tapi ya jangan pandang prinsip Yin dalam hal yang terlalu negative juga kaya narkoba amit-amit. Buruknya emang merusak tubuh , namun katanya bisa menghilangkan stress (tapi kalau paginya kepikiran lagi masalahnya juga bohong) haha

Yang kedua, Yang menggambarkan sebuah sisi putih dengan bola hitam di dalamnya. Kebalikan dari Yin, ini menafsirkan sebuah kebaikan (sisi putih) yang mempunyai efek negative di dalamnya (bola hitam). Misalnya kamu adalah orang yang sangat kaya raya namun sangat sombong, atau orang yang beramal banyak karena ingin pamer harta (ria’), dll.

So, it’s all depending on you especially when you read the situation. Maybe you will focus on the bad situation and trapped on this side or you will go through the good one and live your life. I will try to focus on the good one. And, you must be careful if you got a good situation, maybe you will be trapped in danger. Ya, be careful, be wise and always thankful.


Leave a Reply

Powered by Blogger.